SAP Sasar Usaha Kecil di Indonesia

Jakarta – Penyedia layanan teknologi informasi SAP menyatakan ingin mengembangkan bisnisnya di Indonesia di bidang komputasi awan (cloud computing), HANA (High Performance Analytic Appliance), dan solusi mobility. Ketiga bidang bisnis ini dinilai sangat potensial tahun ini, terutama bagi kalangan usaha kecil dan menengah (UKM).

“Saingan perusahaan tahun 2015 tidak hanya dari Indonesia tapi juga perusahaan luar. Salah satu cara untuk efektif ya perusahaan harus meningkatkan produktivitasnya dari sekarang,” kata Megawaty Khie, Managing Director SAP Indonesia kepada wartawan di The Plaza, Jakarta, Kamis 16 Januari 2014.

Ketiga bidang bisnis yang difokuskan SAP itu masih akan menyasar kalangan UKM. Sebab, ia mengatakan, 70 persen konsumen SAP adalah UKM.

Megawaty menjelaskan, perusahaan besar maupun UKM sudah harus mulai memasuki platform teknologi sebagai basis agar tercipta efisiensi. SAP diklaim mampu menyediakan layanan teknologi seperti yang dibutuhkan perusahaan. Seperti halnya ketika menggunakan SAP HANA, perusahaan bisa menghemat waktu dan tenaga karena pengolahan data bisa lebih cepat. “Biasanya untuk proses data minimal dua hari, tapi pakai HANA dalam 1,5 menit laporannya keluar,” kata dia.
300250-B1Acc-new-bdg
HANA biasa digunakan untuk perusahaan yang bergerak di sektor jasa keuangan, layanan publik, telekomunikasi, dan manufaktur. Perlahan tapi pasti teknologi HANA mulai diminati oleh perusahaan. Terbukti, pertumbuhan SAP HANA secara global naik 69 persen di 2013.

Penggunaan teknologi HANA juga bisa didukung oleh layanan komputasi awan. Menurut Megawaty, potensi layanan ini di Indonesia cukup tinggi meskipun penetrasinya masih kalah jauh dibanding negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Penyebabnya, persepsi masalah keamanan masih diragukan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia.

“Inilah tugas penyedia layanan seperti SAP untuk memberikan informasi keuntungan dan bukti nyata kesuksesan cloud,” ujar Megawaty.

Penggunaan layanan cloud yang ditawarkan SAP terbilang tinggi. Sepanjang 2013, pertumbuhan pendapatan perusahaan dari cloud mencapai 130 persen atau menghasilkan sekitar 758 juta Euro.
Rencana bisnis SAP tahun ini juga akan difokuskan pada solusi mobility agar perusahaan bisa mengatur beragam perangkat ke dalam satu perangkat bergerak yang telah ditentukan. Dengan begitu, data yang selalu dibutuhkan bisa diakses lewat perangkat bergerak dari mana saja. Tentunya, kata Megawaty, perusahaan tetap bisa mengatur keamanan layanan ini dan melakukan back-up data.

Selain mengungkapkan fokus bisnis perusahaan, Megawaty juga berencana mengembangkan ekosistem rekan kerja perusahaan. “Di Indonesia ada 700 perusahaan yang menggunakan layanan dari SAP. Jadi ke depan kami ingin tidak hanya SAP yang mendalami industri customer tapi juga partner tersebut,” kata dia.

source : tempo.co

BeOne Solution - PT BO SOLUSI SAP Business One Partner Indonesia SAP Gold Partner Indonesia www.beone-solution.com

Tagged with: , , ,
Posted in SAP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

SPECIAL PROMO!
Follow me on Twitter
Contact

Adalah komitmen kami untuk memberikan pelayanan terbaik dengan solusi yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan anda dengan tepat sasaran. Kecepatan eksekusi untuk meningkatkan produktifitas perusahaan anda adalah prioritas dan standar utama dari BeOne Solutions.

Untuk keterangan dan info lebih lanjut hubungi kami :

PT BO SOLUSI - BEONE SOLUTION

Grand Aries Niaga Blok E1 No.2R
Jl. Taman Aries, Meruya Utara, Kembangan
Jakarta Barat 11620
Hp. 0818-234-818
(CP : Martius Wijayanto)
www.beone-solution.com

%d bloggers like this: