SAP Business One – Solusi Terintegrasi, Bekal SME Hadapi Pasar Bebas ASEAN

ceo sap indonesia

Megawaty Khie – Managing Director SAP Indonesia

Di Indonesia, Small & Medium Enterprise (SME) memiliki peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Hanya saja, banyak persoalan yang masih dihadapi pelaku SME sehingga menghambat pertumbuhan mereka, salah satunya akses informasi real time.

Menurut Megawaty Khie, Managing Director SAP Indonesia, masing-masing divisi di SME memiliki aplikasi sendiri. Sehingga sering kali data-data tersebut tidak nyambung satu sama lain. Ia mencontohkan, data di bagian produksi dengan angka penjualan tidak sinkron, karena dua divisi tersebut menggunakan aplikasi berbeda.

Padahal sejatinya perlu satu solusi yang mengintegrasikan semua itu. Sehingga tidak menimbulkan argumentasi data siapa yang lebih benar. Sebab data akan bersumber pada satu tempat. Manfaatnya sendiri akan meningkatkan produktivitas dan efesiensi perusahaan.

Bila sudah begitu, kata Mega, perusahaan akan siap bersaing dalam pasar bebas ASEAN. Saat dimulainya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akhir tahun nanti persaingan tidak saja datang dari dalam, namun juga dari negara tetangga.

Jika perusahaan tidak memiliki bekal, akan tergilas. Salah satu modalnya adalah produktivitas yang baik. Sebab perusahaan tersebut dapat lebih berkembang sehingga bisa menjadikan tantangan menjadi peluang. “MEA akan memperluas market mereka. Tidak hanya di Indonesia, bahkan ke seluruh kawasan di ASEAN,” papar Mega.

SAP sendiri, kata Mega memiliki sejumlah layanan untuk membantu produktivitas perusahaan. Untuk kalangan SME, perusahaan berbasis di Jerman ini menyiapkan SAP Business One. Layanan ini diklaim menawarkan kemampuan untuk meningkatkan proses bisnis dan meningkatkan profit dan memberikan landasan yang kokoh bagi bisnis perusahaan.

“SAP Business One dirancang khusus untuk usaha kecil, aplikasi ini menyediakan solusi yang terjangkau untuk mengelola bisnis secara keseluruhan, termasuk keuangan, penjualan, hubungan pelanggan, dan operasi,” jelas Mega.

Saat ini sudah banyak SME di Indonesia yang mengaplikasikan SAP Business One ini. Tiga di antaranya adalah PT Autokarindo Pratama, PT Biggu Cemerlang dan PT Arita Cemerlang. Ketiga perusahaan tersebut memanfaatkan SAP Business One untuk produktivitas, efesiensi dan fisibilitas opersional hingga finansial. “PT Arita Cemerlang menjadi case study. Setelah mereka menggunakan layanan SAP Business One, produktivitas naik 50-60%,” kata bos SAP Indonesia ini.

Salah satu keunggulan yang dimiliki SAP Business One ini, umbar Mega, layanan ini dapat berkembang bersama perusahaan. Dalam artian, saat perusahaan tersebut tumbuh dari skala kecil ke menengah, layanan ini dapat beradaptasi sesuai kebutuhan perusahaan.

Selain itu, melihat kondisi pemilik ataupun perusahaan SME kurang melek IT, SAP Business One dibuat sangat simpel dan mudah digunakan. “Banyak pemilik SME tidak begitu paham dengan IT, padahal mereka kerap melakukan banyak fungsi, mulai dari mengurusi order, payroll dan lain-lain. Karena itu SAP Business One dibuat ramah untuk mereka,” kata Mega.

Ia pun mencontohkan belum lama ini ada bagian akunting sebuah perusahaan yang tidak mengetahui IT sama sekali. Hanya dengan dibekali buku panduan, mereka dapat membuat tampilan SAP Business One sesuai kebutuhan mereka. “Cukup 30 menit saja, kita bisa menggunakannya,” umbar Mega.

Saat detikINET menjajal, memang begitu simpel. Halaman pembuka hanya ada nama perusahaan, user ID dan password, seperti layaknya layar login Facebook. Setelah login, kita disambut layar utama yang juga terlihat sederhana. Halaman tersebut mengadopsi internet base, lebih banyak grafis.

Di halaman ini pengguna bisa melihat semacam ringkasan informasi penting, seperti siapa top five kostomer, piutang, performa pegawai hingga net sales revenue yang real time. “Kami mengintegrasikan teknologi in memory Hana, agar data tersaji real time,” ungkap Mega.

Setiap halaman utama ini dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan dan posisi pengguna. Terdapat 15 modul yang dibutuhkan sebuah perusahaan. Modul tersebut dapat tersaji dalam grafis ataupun tampilan data lengkap yang kerap disukai kalangan IT. Bagi pengguna yang tak akrab IT, kata Mega, dapat mudah menggunakan modul tersebut. Modul-modul seperti sales quotation, sales order, invoice dapat dibuat hanya dengan sekali klik saja.

Makin mempermudah penggunaan, SAP menghadirkan fungsi Copy To.Dengan fungsi ini pengguna tidak perlu mengimput ulang. Misalnya kala ingin membuta sales order, tinggal klik Copy To dari sales quotation saja. Otomatis sales order akan keluar. Bila ingin mengubah data di dalamnya, seperti merevisi jumlah quantity, pengguna tinggal mengeditnya saja.

300250-B1Acc-new-bdg

Salah satu hal yang membuat pusing pelaku SME adalah jika akan dilakukan audit. Kerap data sering tercecer, belum lagi tidak tersinkron satu sama lain. Imbasnya, perlu berhari-hari untuk menyelesaikan laporan. Di SAP Business One, Mega menjanjikan pengguna hanya tinggal memasukan data dalam satu folder. Hal tersebut dimungkinkan karena aliran data sudah ada di SAP Business One.

“Kami ada fitur Relation Map yang bisa menganalisa apa yang terjadi dengan dokumen, seperti sales quotiation nomornya berapa, status delivery, invoice sudah dibayar atau belum. Jadi satu rupiah pun bisa dipantau,” terang Mega.

 

Dari fitur tersebut pengguna dapat mengetahui informasi lebih cepat. Ambil contoh misalnya ingin menanyakan ke pegawai bagian finansial Anda, berapa utang perusahaan A dan invoice apa yang belum dibayar? Pertanyaan tersebut sejatinya cukup sederhana, namun apabila menggunakan software yang kompleks, mereka kerap memanggil bagian IT untuk membantu membuat laporan. Proses tersebut terkadang butuh berhari-hari untuk mendapatkan jawabannya.

“Kondisi tersebut jelas memperlambat pemimpin perusahaan mengambil keputusan. Tentu saja itu menghambat pertumbuhan atau berkembangnya perusahaan,” jelas Mega, panjang lebar.

SAP Business One juga memiliki fitur Analytical Analysis. Fitur ini berkolaborasi dengan Microsoft Excel untuk menjembatani proses manual yang digunakan SME sebelum menggunakan SPA Bussiness One.

Guna mendukung mobilitas, aplikasi ini bisa juga dioperasikan lewat perangkat smartphone dan tablet. Tampilannya sama simpel dengan versi desktop. Hanya saja fungsinya memang lebih untuk kebutuhan mobile, seperti sales katalog untuk presentasi ke calon klien, membuat sales order dan informasi lainnya.

Dapatkan informasi lebih lanjut mengenai SAP Business One, hubungi kami di www.beone-solution.com

Anda ingin mengimplementasi SAP Business One namun budget perusahaan anda terbatas, kunjungi kami di www.beoneaccounting.com

source : detikINET (ash/ash)

BeOne Solution - PT BO SOLUSI SAP Business One Partner Indonesia SAP Gold Partner Indonesia www.beone-solution.com

Tagged with:
Posted in SAP Business One

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

SPECIAL PROMO!
Follow me on Twitter
Contact

Adalah komitmen kami untuk memberikan pelayanan terbaik dengan solusi yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan anda dengan tepat sasaran. Kecepatan eksekusi untuk meningkatkan produktifitas perusahaan anda adalah prioritas dan standar utama dari BeOne Solutions.

Untuk keterangan dan info lebih lanjut hubungi kami :

PT BO SOLUSI - BEONE SOLUTION

Grand Aries Niaga Blok E1 No.2R
Jl. Taman Aries, Meruya Utara, Kembangan
Jakarta Barat 11620
Hp. 0818-234-818
(CP : Martius Wijayanto)
www.beone-solution.com

%d bloggers like this: